13 Alasan Agar Sholat Lebih Khusuk

Dari banyak ibadah kita kepada Allah SWT, ada satu ibadah yang merupakan kunci dari seluruh ibadah dan amal yang lain dimana kalau kita berhasil melakukannya maka akan terbuka ibadah atau amal yang lain. Kunci dari segala ibadah adalah sholat.

hds-sholat2.gif

“Amal yang pertama kali ditanyai Allah pada seorang hamba di hari kiamat nanti adalah sholat. Bila sholatnya dapat diterima, maka akan diterima seluruh amalnya, dan bila sholatnya ditolak, akan tertolah seluruh amalnya.”

 

Pada kenyataannya, bagaimana amalan sholat kita pada umumnya? Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:
hds-tdk-sholat.gif

“Akan datang satu masa atas manusia, mereka melakukan sholat namun pada hakikatnya mereka tidak sholat.”

 

Banyak dari kita menganggap bahwa sholat adalah suatu perintah bukan suatu kebutuhan. Jadi sholat sering dianggap suatu beban dan hanya bersifat menggugurkan kewajiban. Betapa sering kita rasanya malas untuk sholat, sholat sambil memikirkan pekerjaan, sholat secepat kilat tanpa tumakninah, mengakhirkan waktu sholat atau bahkan lupa berapa rakaat yang telah dilakukan.

 

Padahal kunci amal ibadah kita adalah sholat. Jadi, kita bisa memasang strategi dalam hidup dengan memperbaiki sholat kita terlebih dahulu sehingga amalan yang lain akan mengikuti. Dan hal ini butuh suatu kesungguhan untuk mencapainya. Tahap awal untuk mencapai kekhusukan sholat adalah mengetahui kegunaan bagi diri kita apabila kita dapat melakukan sholat dengan khusuk. Berikut adalah 13 alasan mengapa kita perlu khusuk dalam sholat:

 

1. Mendapatkan keberuntungan yang besar, yaitu masuk dalam surga firdaus. Hal ini tersebut dalam QS. Al Mukminun 2 dan 11:

qs-mukminun-11.gifqs-mukminun-2.gif

 

2. Solusi terhadap permasalahan kita.

qs-2-45.gif

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’” (QS. Al Baqarah 45)

 

Bila ada problema hidup maka sholatlah, bila ada keiinginan sholatlah, bila akan marah sholatlah. Maka ketika akan bertemu dua kekuatan utama pada perang Badar, Rosululloh SAW sholat dan bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan kemenangan dalam perang.

 

3. Mencegah perbuatan keji dan mungkar (QS. Al Ankabut 45)

qs-al-ankabut-45.gif

Karena sholat khusuk hanya bisa dilaksanakan dengan menghadirkan perasaan dekatnya Allah SWT, maka bila akan berbuat maksiyat akan ingat akan Allah SWT.

 

4. Melembutkan hati. Terkadang hati kita menjadi keras karena kesibukan dalam bekerja atau menghadapi masalah kehidupan. Dengan sholat yang khusuk, hati menjadi lebih lunak karena kita seringnya kita berserah diri dan merendah dihadapan Allah SWT.

 

5. Memupuk kesabaran. Dengan sholat yang dilaksanakan dengan tumakninah, maka diperlukan waktu beberapa saat untuk sholat; tidak dengan tergesa-gesa. Hal ini akan memupuk rasa kesabaran kita.

 

6. Menghapuskan dosa. Didalam suatu hadits disebutkan bahwa dosa-dosa kecil kita akan dihapus diantara sholat 5 waktu. Tentu saja hal ini bila kita menghayati bacaan didalam duduk diantara dua sujud rabbighfirli dan wa’fu’anni.

 

7. Menyembuhkan penyakit. Prof. M. Sholeh dari Universitas Airlangga Surabaya telah meneliti bahwa sholat malam bisa meningkatkan imunitas tubuh kita. halat bisa mencegah naik turunnya hormon kortisol yang berperan sebagai indikator stres. Sedangkan stres merupakan salah satu faktor utama pemicu penyakit, termasuk kanker. Yang sederhana saja, bila kita sedang pening atau sakit gigi maka sholatlah dengan khusuk maka rasa sakit tersebut akan hilang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ada pendapat bahwa sholat juga merupakan sarana terbaik untuk bermeditasi.

 

8. Menunggu-nunggu waktu sholat. Karena sholat adalah kesempatan untuk bermunajat, berdialog dan mencurahkan hati ke Yang Maha Kuasa, maka waktu sholat akan selalu ditunggu. Pekerjaan rumah, rapat atau aktifitas lain akan diberhentikan 10-15 menit sebelum waktu sholat sehingga memberi kesempatan untuk sholat berjamaah di masjid. Perasaan untuk menunggu waktu sholat adalah seperti seorang perjaka yang menunggu waktu untuk bertemu yang dicinta.

 

9. Mempersiapkan sholat dengan sebaiknya. Karena kita merasa akan bertemu dengan Yang Maha Agung, maka pakaian akan diperhatikan seperti baju koko, kopyah dan sarung digunakan yang bersih. Tidak lupa minyak wangi juga dipakai agar harum ketika bertemu dengan Yang Maha Pencipta.

 

10. Menangis dalam sholat. Kesejukan dalam sholat akan membawa hati untuk bersyukur dan mohon ampun kepada Allah SWT. Tidak terasa air mata akan mengalir bahkan ketika sholat Dhuhur di masjid kantor.

 

11. Merasa sedih ketika sholat akan selesai. Tertanam rasa ingin berlama-lama dengan Yang Maha Pengasih. Ketika tasyahud akhir rasanya tidak ingin menyelesaikan sholat.

 

12. Merasakan nikmatnya sholat di masjid. Akan terasa suasana sholat di masjid lebih indah dibandingkan sholat di rumah. Sehingga, keinginan untuk sholat berjamaah di masjid akan selalu ada. Maka tidak heran ketika sahabat Umar ra menjual kebunnya dikarenakan terlupa sholat jamaah di masjid karena sibuk mengurus kebunnnya.

 

13. Tetap khusuk dalam berzikir. Terkadang dzikir yang kita lantunkan setelah sholat fardhu hanya mengalir sebatas di mulut saja tanpa penghayatan dalam hati kita. Setelah sholat dengan khusuk, maka kekhusukan tersebut akan berlanjut hingga kita berdzikir.

 

Allahumma a’inni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatika. Ya Allah, bantulah aku dalam mengingatMu dan dan bersyukur kepadaMu dan perbaiki ibadahku.

 

Wallahu a’lam bish showab.

 

gatot h. pramono

About these ads

52 pemikiran pada “13 Alasan Agar Sholat Lebih Khusuk

  1. deksinta berkata:

    tips untuk sholat khusyuknya juga ditampilin donk..jzklh.Sy merasa krg berkualitas dlm slt,,hti sy keras dan mati….sy susah menangis dan sebenarnya sy merindukan saat2 bs dekat dgnm Allah,,,mhon bantuannya..Jzklh

  2. eman suherman berkata:

    Ass…
    Semoga berkat kultum ini, saya senantiasa bisa shalat lebih khusuk, saya ingin menyampaikannya pada kultum shaum ini… sukron pak!

  3. nanda berkata:

    Assalamu alaikum wr. wb. pak gmn ya. kalo saya shalat saya selalu teringat ma dosa – dosa saya, yg maeinin anak orang ato bc n liat yg gak – gak.terakhirnya saya jd nglamun.gmn tu Pak. Trims

  4. amrullah adji berkata:

    assalamualaikum…pak gatot, saya adji..
    artikelnya bagus sekali,..blh kah sya memohon izin untuk mminta artikel bpk untuk saya & temen2 saya…
    sblmnya saya minta kl kurang berkenan di hati bapak..
    terma kasih kl bpk berkenan..
    assalamualaikum…

  5. cahyo berkata:

    Assalamu’alaikum wr. wb
    isi kultumnya bagus, saya minta izin untuk ngopi kultumnya.untuk ngisi kultum ditempat pengajian.terimakasih banyak.

  6. ikhwan latief berkata:

    assalamualaikum wr. wb.

    pak gatot, sy dapat giliran ngisi kultum di kantor sy minta ijin bawain materi yang bapak tulis..
    terima kasih sebelumnya

  7. Rohmat berkata:

    terimakasih atas kultum? nya sangat membantu dlm merubah sholat saya yang masih “belang betong” dan jauh dr khusu. nuhun pisan!

  8. leni berkata:

    BAGUS dan SANGAT BAGUS. saya senang sekali dapat membaca dan merenungkan. tapi ada suatu pertanyaan yang membingungkan saya seperti pada ayat yang artinya “Bila sholatnya dapat diterima, maka akan diterima seluruh amalnya, dan bila sholatnya ditolak, akan tertolak seluruh amalnya.” tlog jlasin maksudnya yang seperti apa. krna untuk melakukan shalat seperti yang diatas masih banyak yang blm smpurna. tlog donk….

  9. Gatot Pramono berkata:

    Bu Leni yang baik, memang sholat adalah parameter utama kekhusukan/keihlasan kita dalam beramal. Seorang yang dapat sholat dengan khusuk maka dapat dipastikan segala amal ibadahnya juga diterima. Dan sebaliknya. Tentu saja tidak setiap waktu kita bisa selalu khusuk, tetapi kita harus berusaha untuk memperbaikinya. Wallahu a’lam bish showab.

  10. titaa berkata:

    ass.
    sebelumnya saya senang baca kultum bapak ini
    sebenarnya ingin mengcopy file blog bapak…
    sebagai bahahan mata pelajaran saya di sekolah
    boleh yaaa???
    wass

  11. ida siti latipah berkata:

    ass.wr.wb.
    artikelnya bagus banget!! sepertinya ini cocok buat saya pelajari krn shalat saya blm bisa khusyu. Saya minta ijin,boleh saya bawakan artikel ini untuk kultum saya? insya allah minggu depan saya mau kultum.
    terima kasih banyak..

  12. virna berkata:

    .ass.
    .mksh..
    ya kultumnya.
    isinya keren bgt.
    .kmrin ku berbegi ilmu dgn tmn tmn ku..
    .tenteng kultum in…
    ,mrk suka dgn kultum ku lo..
    .t”nks jg dah buat q bangkit

  13. iar berkata:

    gua bener2 g khusuk dalam shalat karena ua berpikir laen2 ketika shalat,insyaallah dengan tips yang anda berikan akan membuat shalat sya menjadi khusuk.assalamualaikum wr.wb

  14. Adjie berkata:

    terimakasih atas pencerahannya. Saya mohon ijin mengutip materi ini untuk kultum di tempat saya, Pak. maklum masih tahap belajar. Terima kasih sebelumnya.

  15. Nur Apri berkata:

    Hm…klo shalat menangis itu boleh y?la ntar klo mpe trsedu2 bcaannya jd krg fasih n lncr.
    Artikelnya menarik n jelas berisi. Afwan, sya boleh copy ya…wat nmbh referensi pngtahuan islamq.

  16. david alfa berkata:

    trims, cukup baik, tapi aku gak bisa nyampaikan di muka umum, tolong tulisannya kalau bisa untuk waktu 15 menit jadi ya yang agak panjang sedikit

  17. Cas berkata:

    Ass. Wr. Wb.
    Mnrk skl info ini.
    Pd bln agustus 2007 sy mmbli buku “Pelatihan Shalat Khusuk” karangan bpk Abu Sangkan, yg isinya krg lbh sm dgn uraian diatas.
    Tp ya ampun, hgg skrg ini, agustus 2009, aku blm bs mncicipi nikmatnya shalat khusuk.
    Hgg trkadang aku justru males utk shalat krn brpikir shalatku sia-sia krn tak khusuk.
    Mngkn mmg tak ckp hny dgn mmbc kl ya, hrs dgn disertai praktek pelatihan. Mhn saran.
    Trm ksh.

  18. Elis Saadah berkata:

    Jazakallah khairan katsir pak…! Sholat yang khusu adalah sholat yang di damba oleh kita, semoga dengan Artikel ini kita semua khususnya saya bisa selalu khusu dalam sholat.

  19. Rauf berkata:

    Bagus banget terima kasih atas kultumnya untuk mengingat saya dan keluarga saya untuk selalu ingat betapa pentingnya sholat untuk keselamatan kita semua dunia akhirat..

  20. pras berkata:

    Saya rasakan lebih dahsyat rasanya ketika saya mengingat dosa – dosa saya daripada ketika saya mengingat kekasih saya yang telah pergi entah kemana….

  21. monica berkata:

    assalamu’alaikum wr. wb.
    hm tapi saya terkadang lalai dlam shalat sngking kecapeannya saya ampe lupa shalat..hmm gimana sich agar shalatku ngk prnah ktinggalan huh :(

  22. sujarwo wiryadinata berkata:

    Materi kultum sangat baik dan menyentuh mohon izin untuk dicopy dan kami pakai untuk bahan kultum di Mesjid Al Hidayah Gampong Peurada Banda AceH, Wsllmm tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s