3 Cara Allah SWT Mengawasi

Karena taku didatangi pencuri, maka warga suatu perumahan menyewa penjaga atau hansip. Tetapi terkadang pencurian masih terjadi walau hansip sudah dibayar. Hal ini bisa terjadi bila hansip tersebut lengah atau ketiduran, sehingga si pencuri bisa melakukan aksinya. Hansip juga manusia!

Bagaimana dengan Yang Maha Mengetahui? Allah SWT mengawasi manusia 24 jam sehari atau setiap detik tidak ada lengah. Didalam melakukan pengawasan, ada 3 cara yang dilakukan Allah SWT:

1

Allah SWT melakukan pengawasan secara langsung. Tidak tanggung-tanggung, Yang Menciptakan kita selalu bersama dengan kita dimanapun dan kapanpun saja. Bila kita bertiga, maka Dia yang keempat. Bila kita berlima, maka Dia yang keenam (QS. Al Mujadilah 7). Bahkan Allah SWT teramat dekat dengan kita yaitu lebih dekat dari urat leher kita. qs-qaaf-16.gif
“Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. Qaaf 16)

2

Allah SWT melakukan pengawasan melalui malaikat.

qs-50-17.gif

“ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.” (QS. Qaaf 17)
Kedua malaikat ini akan mencatat segala amal perbuatan kita yang baik maupun yang buruk; yang besar maupun yang kecil. Tidak ada yang tertinggal. Catatan tersebut kemudian dibukukan dan diserahkan kepada kita (QS. Al Kahfi 49).

3

Allah SWT melakukan pengawasan melalui diri kita sendiri. Ketika kelak nanti meninggal maka anggota tubuh kita seperti tangan dan kaki akan menjadi saksi bagi kita. Kita tidak akan memiliki kontrol terhadap anggota tubuh tersebut untuk memberikan kesaksian sebenarnya.

qs-36-65.gif

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (QS. Yaasiin 65)

Kesimpulannya, kita hidup tidak akan bisa terlepas dimanapun dan kapanpun saja dari pengawasan Allah SWT. Tidak ada waktu untuk berbuat maksiyat. Tidak ada tempat untuk mengingkari Allah SWT. Yakinlah bahwa perbuatan sekecil apapun akan tercatat dan akan dipertanyakan oleh Allah SWT dihari perhitungan kelak.

Wallahu a’lam bish showab.

gatot h. pramono

diolah dari ceramah ust. Zaki

About these ads

109 thoughts on “3 Cara Allah SWT Mengawasi

  1. Hendriyadi berkata:

    Manusia di dunia ini penuh dengan kesibukan masing2,dgn adanya kulltum disini sangat menarik bagi kami, ini adalah suatu nasehat atau pegangan bagi kita semuanya, semoga mempertebal keimanan kita semua.

  2. riki berkata:

    aku minta izin untuk mengutik ultum ini untuk mengisi kultum di bulan ramadhan…………
    semoga bermanfaat untuk orang lain dan yang menyediakan media dan materi ini….amin….

  3. nidya berkata:

    kultumna ringkas sih,,,,, tp ok juga kok,,
    q suka coz q dpt tugas kultum dscool,, repot jg sih hehehe untung da kultum ini,, thank be4

  4. Joko Suhirno berkata:

    kultumnya sangat bagus, singkat padat dan mudah dimengerti semua orang, karena menyangkut kehidupan kita sehari-hari.

    Tetapi saya pingin tahu nich ada dasarnya ngga kalau allah SWT itu mengawasi kita dengan ada 3 cara?

  5. Hanum berkata:

    Terima kasih.. ya!! atas Kultum nya…. aku minta izin,,mengutip kultum ini… wat Tugas Kultum hari Kamis….. Hanum-Sd Bani Saleh 2, Bekasi

  6. evi berkata:

    Alhamdulillah… cocok buat tugas kultum besok nih singkat, padat, menarik ( maklum msh pemula jadi cari yang singkat2 dulu aja ). ijin Copas yah ustadz….
    Jazakallohu khoiron.

  7. Aulia Muslim Hidayatullah berkata:

    Alhamdulillah, situs ini merupakan contoh positif dari penggunaan internet yang baik…
    Waa, makasih yaa, dengan situs ini saya dapat mengolah kembali materi yang anda sampaikan, thanks a lot, syukron kang :)

  8. noviana berkata:

    dengan memperbanyak kultum akan lebih pembaca untuk mengintrospeksi diri.kultumnya sangat mudah dicerna.mohon maaf minta izin mengkopi.makash

  9. Akhmad Jaeni berkata:

    Aku cuman sumbang saran mengenai tulisan atau terjemahan
    Tulisan Allah mohon dibiasakan menulisnya Alloh, paling tidak ada perbedaannya walau tak ngepas dengan arabnya.

    Pengalaman terjadi pada anak saya hingga saat ini dia (anak saya) tulisan Allah diucapkan juga Allah seperti umat nasrani.

    tapi Alhamdulillah dia tak mau menulis Allah tapi Alloh,
    semoga kawan-2 bisa belajar dari pengalaman kami.
    Jangan sampa ada yang nyeletuk Allah gitu aja ko repot.
    Sekian dari saya, kurang lebihnya minta maaf.

  10. saepul muzib berkata:

    aduch jadi malu klo berbuat….

    jadi takut d awasi..

    tapi thank’s bgt udah ngsh tau…

    jadi kita bnyk bnyk berbuat benar Amien…..

  11. Roby berkata:

    Ternyata Allah dekat Dengan Kita. Jaga Diri Kita Baik2 Di Dalam Menjalani Kehidupan Ini, Karena Akan Diminta iPertanggungjawaban Oleh Allah SWT. Terimakasih Ust Tas Tausiyahnya…

  12. kurnain berkata:

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Alhamdulillah saya mendapatkan pencerahan melalui kultum yang antum berikan. Jazakumullah. Semoga puasa tahun ini lebih istimewa.

  13. Eko Agung Wahyudi berkata:

    Semoga kita semua di beri kekuatan hati dalam selalu mengingat ALLAH, sehingga kita selalu dapat melawan hawa nafsu yg membawa kita ke perbuatan Maksiat…amiiiin

  14. sukma dewi handayani berkata:

    ass…
    alhamdulillah saya mendapatkan materi kultum untuk saya share dengan temen2 besok
    materi ini pas dengan kejadian akhir2 ini. banyaknya penyadapan yg membuat para pelanggar hukum kehilngan muka seharusnya sudah bisa menyentil kita, bahwa sebenarnya masih ada ” Pengawasan ” yang lebih akurat oleh yang Maha Mengetahui… sehingga kita kan tercegah dari pelanggara2 syariat Nya…
    Amiin,
    terima kasih ….

  15. ardiansyah hrp berkata:

    mungkin kita semua adalah manusia yang paling mulia tapi ingat lita adalah manusia yang paling lemah dan janganlah engkau menyombongkan diri karna allah adalah pencipta kita kecamkan itu

  16. alisah berkata:

    assalamualaikum.,,,
    kalau bisa pak minta tolong ada nggak kultum tentang remaja
    tuk dipake kultum disekolah

    walaikumsalam,…!

  17. Ardy berkata:

    Mohon izin untuk copy kultum anda. . . Untuk tugas kultum di masjid sekolah. . . Kalau bisa di tambah lagi yg lebih menarik agar merubah image membosankan yg telah d labellkn ma kultum slama ini. . Sukron. . .

  18. Rafiqi berkata:

    tekhnologi tidak selamnya mendatangkan mudharat bila kita memapu memilih mana yang baik, mksih kultumnya, smga bermanfaat

  19. Ryanto Al Hasby berkata:

    sangat bermanfaat ,.semoga dapat menjadi peringatan bagi semua manusia agar selalu berhati hati dalam berbuat dan bertindak agar tdk menyesal di akherat nanti,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s