Membiasakan Berbuat Baik

Dalam suatu hadits qudsi, Allah SWT berfirman “Jikalau seseorang hamba itu mendekat padaKu sejengkal, maka Aku mendekat padanya sehasta dan jikalau ia mendekal padaKu sehasta, maka Aku mendekat padanya sedepa. Jikalau hamba itu mendatangi Aku dengan berjalan, maka Aku mendatanginya dengan bergegas.” (HR. Bukhari)

Didalam melihat jalan hidup masyarakat di sekitar kita, bisa kita lihat bahwa beberapa orang mempunyai kecenderungan tertentu. Orang yang terbiasa berbuat maksiyat, maka dari hari kehari dia akan semakin terjerumus kedalam lembah yang hitam. Sebaliknya orang yang suka sholat berjamaah ke masjid, maka dia akan ramah ke tetangganya, rutin berinfaq dan bahagia kehidupan keluarganya.

Semakin seseorang memperbanyak dan membiasakan berbuat baik, maka semakin banyak terbuka pintu-pintu kebaikan yang lain. Hal ini sesuai dengan hadits qudsi diatas bahwa semakin tinggi intensitas dan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT maka semakin dekatlah kita dengan-Nya.

Salah satu kunci kesuksesan hidup kita adalah bagaimana kita membiasakan berbuat baik. Semakin kita terbiasa berbuat baik, maka semakin mudah jalan kita untuk mencapai kebahagiaan hidup. Agar manusia terbiasa beribadah, maka beberapa ibadah dilakukan berulang dalam kurun waktu tertentu seperti sholat lima kali dalam sehari, puasa sunnah dua kali seminggu dan sholat jum’at sekali sepekan.

Permasalahan awal yang biasanya ditemukan dalam melakukan sesuatu yaitu dalam memulainya. Memulai suatu aktifitas terkadang lebih berat dibandingkan ketika melaksanakannya. Maka ketika kita mendorong mobil yang mogok, akan diperlukan tenaga yang besar saat sebelum mobil bergerak. Setelah mobil tersesebut bergerak, diperlukan daya dorong yang kecil. Ada juga sifat kita yang menunda perbuatan baik, padahal perbuakan baik janganlah ditunda. Kalau kita ada keinginan untuk menunda, maka tundalah untuk menunda. Hal ini seperti yang disampaikan Rasulullah saw:

“Bersegeralah untuk beramal, jangan menundanya hingga datang tujuh perkara. Apakah akan terus kamu tunda untuk beramal kecuali jika sudah datang: kemiskinan yang membuatmu lupa, kekayaan yang membuatmu berbuat melebihi batas, sakit yang merusakmu, usia lanjut yang membuatmu pikun, kematian yang tiba-tiba menjemputmu, dajjal, suatu perkara gaib terburuk yang ditunggu, saat kiamat, saat bencana yang lebih dahsyat dan siksanya yang amat pedih.” (HR. Tirmidzi)

Salah satu cara untuk mempermudah kita dalam memulai suatu amal ibadah adalah dengan mengetahui akan besarnya manfaat yang akan dirasakan. Segala hambatan atau godaan untuk tidak melaksanakan kebaikan tersebut akan bisa dilewatkan dengan keyakinan yang kuat. Oleh sebab itu, kita wajib untuk mencari ilmu tentang fadhilah (kelebihan) dari suatu amalan atau ibadah. Bahkan untuk menguatkan hati, kita juga perlu mencari ilmu secara berulang kali. Bahkan beberapa pengulangan dalam Al Quran digunakan agar manusia semakin ingat.

“Dan sesungguhnya dalam Al Quran ini Kami telah ulang-ulangi (peringatan-peringatan), agar mereka selalu ingat. Dan ulangan peringatan itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari.” (QS. Al Israa’ 41)

Jadi, mulailah perbuatan baik yang ingin anda lakukan sekarang dan jangan ditunda. Kalau belum yakin, perluas dan perdalam ilmu agar kita semakin yakin.

Wallahu a’lam bish showab.

gatot h. pramono

About these ads

102 pemikiran pada “Membiasakan Berbuat Baik

  1. bangjay berkata:

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Mohon ijinnya pak meng-copy paste kultum bapak untuk mengisi kegiatan ditempat kami…

    Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh….

  2. wawansri berkata:

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Mohon ijinnya pak meng-copy paste kultum bapak untuk mengisi kegiatan dimasjid kami…

    Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  3. Sobirin berkata:

    Assalamu ‘alaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

    Selamat menunaikan ibadah shaum. Semoga semua amal ibadah kita khusus shaum dan amal kebaikan yang lainnya diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

    Perkenankan ana meng-copy bbrp materi kultum ini, insyaAllah ana kebagian jadwal untuk menyampaikan kultum dan imam shalat tawarih di lingkungan rumah ana.

    Terima kasih/wassalam,
    Abu Wardah (Sobirin)

  4. wawan berkata:

    Assalamu’alaikum Wr Wb…
    Pa Gatot, kami mohon izin untuk menggunakan bahan-bahan kultum bapak digunakan di sebarkan di lingkungan kami…terima kasih sebelumnya…

  5. sarkim berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    saya tertarik sekali dengan tulisan kultum ini, untuk itu saya mohon izin untuk meng copy dan belajar menyampaikan kultum pada bulan ramadhan ini, semoga Allah membalas amal kebaikan anda, amin.

  6. murni berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    saya tertarik sekali dengan tulisan kultum ini, untuk itu saya mohon izin untuk meng copy dan belajar menyampaikan kultum pada bulan ramadhan ini

    Terima kasih, semoga

  7. Zia berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    Permisi Pak Ustad,,saya mohon ijin untuk meng copy dan tertarik untuk menyampaikanya di kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan kali ini. Hatur Nuhun bin Terima Kasih.
    Wass.Wr.Wb.

  8. Abi Afqy berkata:

    Assalamu’alaikum
    Insya Allah menjadi materi buat kami sampaikan kepada Saudara Muslim di wilayah kami yang mungkin belum sempat membaca tulisan ini
    Trim’s
    wassalam

  9. Juanda M Saleh berkata:

    meskipun Ane telat waktu membacanya, tapi kata orang bijak tidak jata telat untuk belajar maka dari itu ane ucapkan syukron bin terima kasih atas kultumnya

  10. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    sebelumnya saya minta maaf,saya mohon izin untuk mengcopy paste kultum bapak untuk mengisi kultum di perkumpulan liqo saya.sebelum dan sesudahnya sya mengucapkan terimakasih.

  11. jasmerah0744 berkata:

    assalamu alaikum…mas Gatot,ane mohon izin untuk copy materi ini ya..untuk bahan materi dalam kegiatan kami. Mohon maaf kalo ane plagiat full…soalnya isinya sangat fundamen sekali..sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.semoga bermanfaat.wassalamu’ alaikum.

  12. Singgih Bagus Setiyo Utomo berkata:

    terimakasih semoga isi dari materi kultum ini dapat meningkatkan derajat keimanan saya serta orang2 disekitar saya

  13. echa berkata:

    Assalaamu’alaikum
    saya minta ijin mengutip beberapa kumpulan artikel di site ini untuk materi kultum.

    makasih

    wassalam

  14. ais berkata:

    aww…
    mlm minggu ini an dpt tugas menyampaikan kultum… sepertinya materi kultum “membiasakan berbuat baik” pas banget untuk disajikan. mohon izin untuk copas.. and 4 penulis i say syukran.
    JZK KK.. waslm.

  15. Mohamad Nur Iskandar berkata:

    Asalamualaikum Wr Wb.
    Afwan kak! Ana jg igin Kopi ni materi untuk bahan kultum ana minggu ni Bleh?
    Menurut ana Pribadi materi di atas dapat memotifasi Ikhwafillah dalam menyongsong kehidupan yang cerah.. :-)
    Syukron…
    Dari Moh. Nur Iskandar, Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo, Jurusan Teknik Komputer Jaringan, Semester 4.
    Wassalamualaikum Wr Wb.

  16. aisyah berkata:

    bapak terima kasih banyak buat blognya maaf saya mengutip blog anda sebagai bahan referensi semoga bapak ikhlas dan ilmu yang saya terima dapat bermanfaat terima kasih

  17. ILHAM berkata:

    Maaf Pak…saya mau mengutip kultum yang bapak buat ini…..sebelumnya terima kasih…

    dan kalau bisa lebih diperbanyak membuat untuk kalangan generasi muda yang semakin jauh dari agama sekarang ini……

    wassalam……

  18. Taufik berkata:

    Assalamualaikum wr.wb.

    Kumpulan kultum ini sangat membantu kaum muslimin untuk mengingat kembali kepada Allah dan membantu bagi orang yang ingin belajar memberikan kultum. Untuk itu Saya mohon ijin untuk mensyiarkan kultum ini dalam majelis di masjid Saya. semoga amal ibadah bapak diterima oleh Allah SWT.

  19. E Sudjatmoko berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb,

    saya tertarik sekali dengan tulisan kultum ini, untuk itu saya mohon izin untuk meng copy dan belajar menyampaikan kultum pada jamaah bakda ashar di musholla kantor, semoga Allah membalas amal kebaikan anda, amin.

  20. Alex S berkata:

    Dengan tulisan ini mohon kiranya Saya mengkopy dlm rangka utk mengisi kegiatan bln ramadhan tahun ini. Jazakallah khairan…

  21. munir berkata:

    terima kasih sdh, kultum di dunia tanpa batas sehingga anda telah kultum pada pengunjug yang tidak terbatas, pahalanyapun terus bertambah sejalan dengan bertambahnya pengunjung, skali lagi terim kasih.

  22. Ramdhan tahun ini saya mendapat tugas untuk memberi kultum setelah sholat subuh sebanyak 3 (tiga) kali di mesjid tempat saya berjamaah. Kemungkinan tulisan ini akan menjadi salah satu materi kultum saya. Mohon izin, terima kasih.

  23. nizamy berkata:

    mohon ijin untuk mengambil tema bapak ini untuk kultum kami di masjid sekitar rumah kami pak. Semoga amal shalih ini terus menerus bapak dapatkan nanti di akhirat. Amin. Semoga bapak panjang umur

  24. chl.tgl berkata:

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

    Materi kultum cukup untuk menjadi panutan. Mohon ijinnya pak….meng-copy paste kultum bapak untuk mengisi kegiatan ditempat kami…

    Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh….

  25. rochyadi berkata:

    mohon izin untuk dipakai mengisi kegiatan di masjid kami. trims semoga ilmu yg bp sampaikan dapat menambah wawasan kami/kel dan jamaah kita.

  26. saepuloh berkata:

    assalamualaikum
    punten pak simkuring bade nyungkeun ridho galih iklas manah simkuring teh bade meng kopy teks kultum ieu
    in the show today i`ll reading ramadhan teks in the school
    thank for kultum teks,

  27. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Mohon ijinnya pak meng-copy paste kultum bapak untuk mengisi kegiatan ditempat saya…

    Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh….

  28. Rickson berkata:

    Makasih atas materinya…blognya bagus banget..kbeneran aq dminta bos untuk ngisi kultum dkantor..aku bingung cari materi dimana..mudah2an setelah aku ngisi materi tersebut..minimal aku sendiri dapat mengimplemetasikanya..umumnya bagi para audience..makasih Ya

  29. wiwied berkata:

    ass…
    mas…mohon ijinya untuk saya mengutip kultum ini, untuk kegiatan kultum pagi di kantor saya…terima kasih….
    wass…

  30. Oja berkata:

    Assalamu ‘alaikum
    warahmatullahi wabarakatuh. . .

    Saya mohon ijin untuk mengkopi kultum bapak, untuk disampaikan di sekolah

  31. etri berkata:

    assalamualaikum.
    maaf bapak saya mohon izin untuk mengcopy kultum anda ini, untuk di gunakan sebagai tugas pelajaran sekolah saya yaitu mencari kultum.
    sebelumnya terimakasih.
    wassalamualaikum

  32. Assalamu ‘alaikum
    warahmatullahi wabarakatuh….
    pa ustad bolehkah sy copy ini cultum karna sy mau bakultum di sekolahq.
    trima kasih. :)

  33. BP berkata:

    asalamualaikum
    sya mau minta izin untk meng kopi kultum anda untuk tugas sekolah.
    terimakasih sebelumnya
    walaikum salam

  34. farhan berkata:

    Assalamualaikum wr.wb… saya mohon izin untuk menggunakan tulisan ini sbg materi kultum dipengajian kami nanti. Terima kasih…Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s